Andris Tour

Bagaimana Cara Membersihkan Karbu Motor Untuk Semua Jenis Motor?

April 21, 2022
Cara Membersihkan Karburator Motor | andristour.eu.org – Karburator motor adalah komponen motor yang cukup sangat penting,dan karburator memiliki tugas menyatukan udara dan bahan bakar yang kemudian akan disalurkan keruang pembakaran pada mesin sepeda motor.

Karena sebab itu perawatan yang dilakukan yang utama adalah melakukan pembersihan guna membuang hasil sisa pembakaran pada mesin kendaraan bermotor.

Langkah-langkah membersihkan karburator kendaraan bermotor

karbu motor - andristour.eu.org


Sebenarnya perawatan karburator sangat mudah dilakukan bahkan bisa anda lakukan sendiri dirumah. Dengan rutin jika dilakukan pembersihan, maka karburator motor juga akan bekerja secara efektif.
Untuk melakukan pembersihan dan perawatan karbu motor bisa anda lakukan dirumah dengan melakukan panduan di bawah ini :

baca juga, Cara kerja semua jenis kopling terlengkap

1. Langkah 1 : Melepas bagian Penyaring udara karburator

Langkah pertama untuk melakukan pembersihan karbu motor yakni melepasfilter karburator yang terdapat pada mulut semprot karburator. Gunakan cairan pembersih jika tutup filter sudah terlepas. Lalu dan kemudian keringkan filter karburator sebelum kembali dipasang. Lakukan juga bersihkan kotoran yang melekat pada tutup filter karbu sebelum dipasang kembali.

2. Langkah 2 : Melepas karburator motor dengah teliti

Pada langkah kedua ini hal pertama yang harus dilakukan adalah melepas mur atau baut-baut pada karburator. Lalu setelah terlepas bautnya, gunakan kuas atau semprot dengan kompresor guna meluruhkan kotoran yang melekat pada karburator motor. Jika menggunakan seprot kompresor, maka ini akan lebih baik karena juga akan membersihkan bagian dalam dan lekukan pada bagian dalam sebuah karburator.

Harap melakukan penyemprotan dengan hati-hati dalam menggunakan angin bertekanan tinggi sebisa mungkin menghindari menyemprot lubang vakum, karna akan berakibat koyak dan robeknya membran. dan teliti dan perhatikan dari setiap komponen yang dilepas. Seperti pada karburator yang mengunakan vacum system yaitu pada motor yamaha mio dan honda beat versi lawas dll.

baca juga, Panduan Mengatasi masalah starter motor

3. Langkah 3 : Bersihkan juga bagian Spuyer

Ketika melakukan pembersihan pada spuyer, lakukan dengan hati-hati serta teliti. Hal ini disebabkan jika tidak berhati-hati ketika melakukan pembersihan, akan dapat merubah ukuran diameter spuyer sehingga berdampakm pada mesin kendaraan tidak mau menyala. 

Untuk melakukan pembersihan pada spuyer motor,bisa anda cari sikat baja halus agar kotoran yang sulit diberihkan dapat dengan mudah hilang.

Harap perhatikan tiap lubang yang ada di sepuyer sudah bersih atau masih ada yang tersumbat, dan lubang sepuyer harus benar-benar bersih dari kotoran di setiap lubang untuk menghindari motor ngadat. jangan lupa untuk benar-benar mengunci sepuyer sesuai torsi untuk menghindari sepuyer lepas pada waktu motor di mainkan gasnye / digeber.

4. Langkah 4 : Pasang karburator motor

Pada langkah 4 ini sudah pasti merupakan langkah terakhir melakukan perawatan karbu sepeda motor. Karena jika semua bagian karbu sudah dibersihkan maka selanjutnya adalah memasangnya kembali seperti sedia kala. Atur juga ketinggian pelampung bahan bakar ketika melakukan pemasangan serta jangan sampai ada bagian yang tertinggal karena tidak terpasang.

Untuk mengatur ketinggian pelampung bahan bakar,gunakan sebuah jangka sorong atau stigmat untuk mendapatkan sudut ketinggian yang tepat pada pelampung bensin karburator. Apabila pelampung bahan bakar sudah terpasang dengan benar, tutup karburator motor kemudian silahkan anda memasangnya kembali pada kendaraan motor anda.

Kesimpulan

Sekian tips melakukan perawatan karbu motordengan benar dan tepat. Tentu ini akan berguna bagi anda ketika meakukan pembersihan karburator motor dari sisa pembakaran bahan bakar, atau karena anda perlu melakukan perawatan pada karburator kendaraan anda. 

Semoga bermanfaat.
Andris Tour
Web Developer